Suatu sore di Cacuaco

Terinspirasi oleh puisi Vinícius de Moraes, saya pergi ke Cacuaco, sebuah kota dekat Luanda dan menikmati area pemandian. Tapi saya meninggalkan sikap Eropa dan menggunakan transportasi umum, sebagai warga negara seperti yang lainnya. Itu adalah perjalanan yang tak terlupakan, di mana sekali lagi saya bisa merasakan kehidupan di jantung Afrika.

Suatu sore di Cacuaco (Angola)

Dengan bantuan teman saya Sango, seorang penyair Angola, dengan beberapa hadiah, saya mengikuti langkahnya menuju Cacuaco, berharap menemukan kuburan kapal yang terkenal, mungkin salah satu tempat terindah di dunia pandemi yang tidak biasa ini. Namun, saya merindukan “target” hanya sejauh 30 kilometer. Tidak akan banyak jika aku berjalan.

Menjadi penggemar taksi Angola, saya mengikuti rute Cuca-Kuanza-Cacuaco. Selain harga, selalu mengasyikkan untuk merasakan kehidupan di negara-negara di mana tidak ada yang diam. Dampak pertama seperti lingkungan pinggiran kota lainnya di Luanda, tetapi teman saya membimbing saya ke jalan yang benar.

Saya menyusuri jalan raya, lebar dan lapang, dibatasi oleh pohon palem, akan menyeberang ke area komersial. Gereja Katolik, São João Baptista, masih membanggakan lima luka perisai Kristus dari Portugis. Trotoar memiliki area yang akan dilewati oleh paver. Menariknya sangat dilestarikan. Toko-toko adalah rumah-rumah kecil dengan ubin tanah kami di mana taman dengan bangku dan pepohonan menyembunyikan matahari, yang sesekali muncul. Saya menekankan bahwa Angola tidak menghargai matahari. Dia menyukai warna yang tenang, merasakan kesegaran saat muncul.

Seperti banyak tanah nelayan, saya terus turun ke laut menghadap restoran dan bar pantai yang khas. Saya minum kopi dan memperhatikan masalah kebersihan meja dan lantai. Faktanya, pemilik tidak suka dia menulis catatan ini sebelum membersihkan meja dan menempatkan seseorang.

Saya kemudian tiba di pantai tersebut. Dinas kota membersihkan sampah, menunjukkan bahwa malam hari di pantai semarak. Namun, tidak ada kuburan. Baik kapal maupun orang lain. Saya bertanya kepada seorang warga yang mengarahkan saya ke Utara, memberi saya pemahaman bahwa beberapa kilometer akan hilang. Akan lebih baik jika naik taksi. Saya tidak berpikir itu perlu. Saya perlu berjalan. Olah raga, seperti banyak warga yang berjalan-jalan di pantai untuk bersantai dari sepekan kerja. Beberapa wanita berjalan sambil membenturkan kaleng minuman kosong untuk meniru irama yang membuat tarian Afrika bergerak.

Aku sudah merindukan aroma laut. Saya berjalan sampai saya melihat selokan dengan limbah, pada kenyataannya, seperti di masa Portugal dulu. Mereka tidak berbau, tetapi penyakit tidak bersahabat berkeliaran.

Saya memutuskan untuk mengambil jalan, menuju ke Utara yang tidak diketahui. Intinya adalah ada kapal, tetapi mereka penuh dengan kesehatan. Saya bertanya kepada seorang pria, mungkin berusia empat puluhan, di mana kuburan kapal yang ditinggalkan tersebut berada.
Menjauh. Hanya dengan taksi. Kalau jalan kaki akan sampai sore (disini hari sudah gelap sekitar jam 6 sore).

Saya pikir yang terbaik adalah kembali. Saya mengadakan pertemuan dengan Sango sekitar siang hari, untuk kembali ke Luanda. Dan saya belum bisa pergi ke taksi terkenal sendirian. Ini akan menjadi beberapa luapan dan menanyakan seseorang mana, atau mana, yang akan berhenti di tempat yang paling tidak mereka harapkan.

Saya tiba di pusat Cacuaco, saat itu pukul sebelas tiga puluh pagi. Dengan waktu yang saya miliki, saya pergi membuat lebih banyak kaos untuk Natal. Karena musim panas di sini, keluarga membeli kaos dan membuat “pandan” dalam warna atau pola, atau bahkan teks cetak. Tahun ini saya akan habiskan dengan kaos yang dicetak dengan puisi saya «Dinding Setúbal», ada beberapa warna dan ukuran, untuk semua orang dan semua orang yang hadir, yang saya tulus, saya masih tidak tahu apa-apa pada jam ini, apalagi jumlah convivials.

Saya mengambil kesempatan untuk mengunjungi bagian dalam Gereja São João Baptista, di jalan yang dipenuhi trotoar Portugis. Manifest yang setia di depan altar. Mereka berjalan di atas lutut mereka, berbicara dengan keras ke salib, menangis dan meninggalkan sepatu mereka di pintu masuk. Ada orang yang setelah shalat memberi sedekah. Seorang wanita dengan foto berlapis dalam keranjang empuk menangis kepada Perawan di dalam kayu. Seseorang tersayang telah pergi. Sebagian besar dari mereka adalah wanita berusia di atas 40 tahun. Hanya ada satu orang yang berbicara. Rupanya itu akan gila di Eropa, tapi tidak. Cari logika yang tetap tidak menemukannya. Minta belas kasihan Tuhan atas apa yang menyiksa Anda.

Lantai Gereja bersinar dengan kebersihan. Ketika saya melihat bahwa saya memakai sepatu, saya merasa malu. Dia memakai sandal dan kakinya adalah pasir dari pantai.

Faktanya, waktu berjalan di sini, tetapi yang terbaik adalah tidak menyalakan jam. Dia makan siang pada jam 2 siang, karena berbagai acara, dimulai dengan pencetakan kaos yang diakhiri dengan penundaan Sango, karena alasan profesional.

Kembalinya luar biasa. Saya bahkan belum mencoba naik taksi dan “seseorang” mencoba mengeluarkan dompet dari saku saya, jika bukan karena supir taksi dan beberapa orang populer, saya bahkan tidak menyadarinya. Mereka masih mengejarnya tetapi tidak banyak gunanya. Namun, dompet itu tetap di tempatnya.

Selama perjalanan, di taksi yang sama, sopir taksi berhenti dan meminta waktu beberapa menit untuk pergi membeli baju. Nyatanya tidak bertahan lama, tapi dengan menghidupkan mesinnya, seseorang mungkin akan mengingat hari keberuntungan mereka. Untungnya tidak.

Kami mencapai alun-alun Kikolo. Sampai hari ini, itu membuat saya paling terkesan di Afrika. Saya bahkan tidak bisa menggambarkannya. Aroma: Lota de Setúbal, di tahun 60-an.

Gerakan: orang di mana-mana. Mereka hanya perlu terbang. Produk untuk dijual: semua yang dijual, bahkan yang paling palsu (Dior, Chanel, Yve St Lauren, Lacoste, dll.). Seorang pria mencoba menjual sepeda motor kepada saya, tetapi bekas, bekas. Saya bahkan tidak punya waktu untuk melihat merek dan modelnya.

Dengan bantuan Sango, kami berhasil keluar dari pedagang kaki lima dan naik taksi yang tepat. Saya akan pergi ke «Golf2». Dia akan menghalangi. Sudah waktunya untuk lolos begitu saja. Tapi dia meminta kolektor untuk memperhatikan perhentian saya, “kurva Filda”.

Taksi lepas landas di sana, penuh sekaleng sarden. Pertama, gilirannya. Kami pamit dan meminta pengumpul lagi untuk tidak melupakan “kota”.

Saya melanjutkan perjalanan, hanya kali ini dengan kecepatan tinggi. Faktanya, area yang kami lewati tidak terlalu bersahabat. Tiba-tiba sang sopir berbicara dengan nada tidak ramah kepada kolektor. Mereka menggunakan bahasa ibu mereka, membuat saya sama sekali tidak menyadarinya.

Saya sudah dekat dengan rumah saya, di Cazenga. Sopir pergi dengan marah, tetapi kolektor menggantikannya, melanjutkan perjalanan. Taksi itu penuh.

Ketika saya melihat lingkungan tempat saya tinggal di kejauhan, pengendara baru itu memperingatkan saya dan mengistirahatkan saya. Dia tidak lupa. Dan sebenarnya berhenti di perhentian gabungan.

Semuanya pasti. Saya menghabiskan balapan pertama dengan berjalan di sekitar Luanda ini. Perjalanan selanjutnya saya akan pergi sendiri. Tidak ada lagi keuntungan dan saya sudah dewasa. Dianjurkan untuk mengambil uang yang telah diubah. Kesalahan dalam perubahan terjadi secara sporadis pada orang asing. Tapi sebenarnya kita berbicara tentang sen Euro. Mungkin mereka akan membantu banyak keluarga yang berada dalam kesulitan serius.

Menghabiskan sore di Cacuaco

Bahkan tanpa celana renang tua,
Angin sepoi-sepoi terbang,
Perahu tanpa ukuran
Yang menyentuh pesawat terbang di udara

Pasir itu bersih dan halus
Ayo ikan bicara padaku
Lantai penjualan di kejauhan terdengar
Istriku, aku datang padamu.

Saya naik perahu sore hari
Dimana malam bersembunyi di bawah sinar bulan
Itu terkadang memberi cahaya yang membakar saya
Dalam kerinduan inilah yang menghubungkan kita di tepi laut.